Nawa Dewata

Nawa Dewata

Nawa Dewata atau yang lebih dikenal dengan Dewata Nawa Sanga berasal dari bahasa sansekerta, yaitu :

  • Dewata, yang berarti Dewa-Dewa
  • Nawa, yang berarti arah atau penjuru mata angin
  • Sanga, yang berarti sembilan (9)

Jadi, Dewata Nawa Sanga dapat di artikan sebagai sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menjaga atau menguasai sembilan penjuru mata angin dalam konsep agama Hindu Dharma di Bali. Sembilan penguasa tersebut merupakan Dewa Siwa yang dikelilingin oleh delapan aspeknya. Diagram matahari bergambar Dewata Nawa Sanga dapat ditemukan dalam Surya Majapahit, lambang kerajaan Majapahit.

majapahit

Kesembilan Dewa tersebut terdiri dari :

1. Dewa Wisnu

Dewa Wisnu menjaga dan menguasai arah Uttara atau Utara. Aksara sucinya adalah “A”. Istri atau saktinya adalah Dewi Sri. Senjatanya adalah Cakra. Kendaraan atau wahananya adalah Burung Garuda. Warnanya adalah Selem atau Hitam. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Ulundanu.

2. Dewa Sambhu

Dewa Sambhu menjaga dan menguasai arah Ersanya atau Timur Laut. Aksara sucinya adalah “Wa”. Istri atau saktinya adalah Dewi Mahadewi. Senjatanya adalah Trisula. Kendaraan atau wahananya adalah Wilmana. Warnanya adalah Pelung atau Biru. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Besakih.

3. Dewa Iswara

Dewa Iswara menjaga dan menguasai arah Purwa atau Timur. Aksara sucinya adalah “Sa”. Istri atau saktinya adalah Dewi Uma. Senjatanya adalah Bajra. Kendaraan atau wahananya adalah Gajah. Warnanya adalah Petak atau Putih. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Lempuyang.

4. Dewa Maheswara

Dewa Maheswara menjaga dan menguasai arah Genya atau Tenggara. Aksara sucinya adalah “Na”. Istri atau saktinya adalah Dewi Laksmi. Senjatanya adalah Dupa. Kendaraan atau wahananya adalah Macan. Warnanya adalah Dadu atau Merah Muda. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Goa Lawah.

5. Dewa Brahma

Dewa Brahma menjaga dan menguasai arah Daksina atau Selatan. Aksara sucinya adalah “Ba”. Istri atau saktinya adalah Dewi Saraswati. Senjatanya adalah Gada. Kendaraan atau wahananya adalah Angsa. Warnanya adalah Barak atau Merah. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Andakasa.

6. Dewa Rudra

Dewa Rudra menjaga dan menguasai arah Noritya atau Barat Daya. Aksara sucinya adalah “Ma”. Istri atau saktinya adalah Dewi Samodhi. Senjatanya adalah Moksala. Kendaraan atau wahananya adalah Kerbau. Warnanya adalah Jingga. Pura tempat pemujaannya adalah Pura Uluwatu.

7. Dewa Mahadewa

Dewa Mahadewa menjaga dan menguasai arah Pascima atau Barat. Aksara sucinya adlah “Ta”. Istri atau saktinya adalah Dewi Sachi. Senjatanya adalah Nagapasa. Kendaraan atau wahananya adalah Naga. Warnanya adalah Kuning. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Batukaru.

8. Dewa Sangakara

Dewa Sangkara menjaga dan menguasai arah Wayabya atau Barat Laut. Aksara sucinya adalah “Si”. Istri atau saktinya adalah Dewi Rodri. Senjatanya adalah Angkus. Kendaraan atau wahananya adalah Singa. Warnanya adalah Gadang atau Hijau. Pura tempat pemujaannya adalah di Pura Puncak Mangu.

9. Dewa Siwa

Dewa Siwa berada di Madya atau Tengah. Aksara sucinya adalah “I” atau “Ya”. Istri atau saktinya adalah Dewi Durga. Senjatanya adalah Padma. Kendaraan atau wahananya adalah Lembu Nandini. Warnanya adalah Pancawarna (Brumbun) atau 5 warna atau warna-warni (gabungan dari warna-warna para Dewa yang mengelilinginya).

Dewata Nawa Sanga

Sekian pengetahuan yang dapat saya bagikan hari ini.

Terimakasih atas waktunya untuk membaca, suksma nggih ;)

4 thoughts on “Nawa Dewata

  1. rika postingannya bagus-bagus sekali loh, dari tampilan blognya aja sudah menarik jadi engga bosan but terus baca-baca postingannya yang dibawah-bawah hihi ditunggu ya postingan berikutnya<3

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s